5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merakit Tamiya Agar Performa Maksimal

  • Whatsapp

5-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-merakit-tamiya-agar-performa-maksimal

Kedengarannya sangat sepele saat mendengar Tamiya adalah sebuah mainan. Namun mainan ini sudah sangat melegenda dari akhir abad ke-19. Pasalnya, Tamiya atau Mini 4WD sudah hadir pada tahun 1982 dan diproduksi oleh perusahaan Jepang.

Read More

Pada tahun 1982, Tamiya masih berupa miniatur mobil balap yang berbahan dasar plastik dan berskala 1:20 hingga skala 1:48 dengan dinamo sebagai mesinnya dan tenaga bersumber dari baterai AA. Mini 4WD juga awalnya dikendalikan tanpa menggunakan remote control.

Merakit Mobil Tamiya

Tamiya menjadi mainan favorite banyak kalangan, tidak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa karena keseruannya dalam merakit Mini 4WD ini. Nah buat yang ingin ikut merasakan serunya merakit miniatur mobil ini, yuk simak dulu beberapa hal penting saat merakit Tamiya berikut ini:

1. Ganti Dinamonya Dahulu

Dinamo merupakan mesin utama dari sebuah miniatur mobil balap ini. Saat membeli Mini 4WD dalam berbagai seri, Anda akan mendapatkan mesin dinamo. Namun mesin yang didapatkan biasanya masih berupa dinamo standar.

Oleh karena itu, jika memungkinkan, gantilah dinamo standar tersebut dengan dinamo yang berkualitas lebih baik yang memiliki RPM tinggi sehingga Mini 4WD bisa melaju lebih kencang.

Beberapa dinamo dengan RPM tinggi yang bisa Anda gunakan, seperti mesin Sprint Dash, dinamo Ultra Dash, atau dinamo Hyper Dash. Untuk dinamo sendiri mampu mensupport Tamiya agar bisa melaju dengan kecepatan maksimal 17.200 RPM!

2. Gunakan Ban Tamiya Khusus

Tak hanya mesin (dinamo) nya saja, Roda atau Ban yang digunakan saat di lintasan balap Mini 4WD juga harus berkualitas. Seperti halnya dinamo, saat membeli Tamiya juga akan dilengkapi ban di dalamnya. Akan tetapi ban bawaan miniatur mobil balap tersebut kadang keras dan licin saat digunakan.

Permukaan ban karet yang licin dapat menghambat laju mini 4WD Anda. Jadi sebaiknya Anda mengganti ban tersebut dengan ban yang permukaannya lebih lembut seperti ban busa.

3. Berikan Pelumas Pada Gear Tamiya

Meski “hanya mainan” miniatur mobil balap ini juga perlu mendapatkan perawatan yang tak jauh beda dari mobil sesungguhnya. Memberikan pelumas pada gear Tamiya sangat diperlukan guna mempercepat laju Mini 4WD dalam lintasan balap.

Biasanya saat membeli miniatur mobil balap ini Anda akan mendapatkan pelumas dalam bentuk pasta. Namun jika pelumas tersebut sudah habis atau bahkan tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan minyak anti karat WD-40 atau minyak pelumas mesin jahit. Minyak singer untuk mesin jahit ini justru akan membantu mempercepat laju Tamiya.

4. Pilih Baterai yang Tepat

Sebagai sumber tenaga utama, pemilihan baterai pada miniatur mobil balap sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda menggunakan dinamo yang memiliki RPM tinggi, Tamiya Anda juga akan cepat kehabisan baterai. Oleh karena itu, gunakanlah baterai AA yang mampu menampung 700 hingga 10.000 mAh.

5. Pilihlah Casing yang Sesuai

Tahapan terakhir yang perlu diperhatikan saat merakit Mini WD yaitu pilihan casing. Pemilihan casing yang tepat sangat menunjang performa Tamiya saat di lintasan balap. Ada banyak casing atau aksesoris yang bisa Anda otak-atik perpaduannya. Mulai dari sayap, ring, bumper, tiang, dan aksesoris Mini 4WD lainnya.

Namun saat memilih aksesoris, pastikan aksesoris tersebut tidak mengganggu laju Tamiya dan justru mampu membantu Mini 4WD Anda melaju lebih kencang dan stabil.

Rakitlah Tamiya sesuai dengan kebutuhan, dan rakitlah Miniatur 4WD Anda semaksimal mungkin agar mobil balap Anda bisa melaju maksimal di atas lintasan balap. Selamat mencoba!

Sumber:

https://baabun.com/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *